@arnoZUkasuka.com


Zukasuka

Zukasuka
@arno_fxcomunity

Sabtu, 11 Desember 2010

timor leste

Dunia
Modal Timor Leste Ingin Masuk ASEAN
Xanana menyodorkan sejumlah keuntungan bagi negara-negara di ASEAN.
Kamis, 9 Desember 2010, 18:39 WIB
Pipiet Tri Noorastuti, Denny Armandhanu
Xanana Gusmao (wikimedia.org)
VIVAnews - Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao, tak sabar membawa negaranya menjadi anggota ASEAN. Ia mengatakan, negara demokrasi termuda ini akan banyak berkontribusi dalam keamanan regional dan stabilitas di kawasan.

Xanana mengatakan, dalam sudut pandang geopolitik dan geostrategis, keanggotaan Timor Leste akan menyumbangkan keamanan dan stabilitas regional.

"Dengan kata lain, selain menyumbangkan keuntungan ekonomi, keanggotaan ini akan membuat Timor Leste menjadi agen promosi perdamaian dan stabilitas regional,” ujarnya saat pidato di Bali Democracy Forum, Kamis, 9 Desember 2010.

Pada pidato tersebut, Xanana sadar bahwa dalam beberapa aspek, negaranya belum sepenuhnya siap menjadi anggota ASEAN. Namun, dia mengatakan bahwa keanggotaan negaranya akan mempunyai arti yang lebih. Tidak hanya untuk Indonesia, namun juga semua anggota di ASEAN.

“Kami berharap dapat turut bergabung dalam semangat yang sama yang membentuk ASEAN dan juga berharap bahwa generasi Timor berikutnya dapat menyumbangkan dunia yang lebih baik dengan kesejahteraan yang merata,” ujarnya.

Menjawab pernyataan Xanana, SBY telah menyatakan dukungannya dan kesediaannya membantu Timor Leste menjadi anggota ASEAN. Dia mengatakan pada kepemimpinannya tahun depan, Indonesia akan menggunakan pengaruhnya untuk mengajak negara-negara anggota ASEAN lainnya menerima Timor Leste sebagai anggota. (umi)
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar